Wednesday, December 2, 2009

Grass (Rumput)

Grass atau yang secara umum sering disebut sebagai rumput tergolong dalam tanaman monokotil termasuk dalam famili Gramineae (Poaceae) disebut "true grasses" dan meliputi semua tanaman yang tumbuh dalam bentuk butiran (“grain”), pastura, maupun sebagai rumput halaman. Termasuk juga tanaman yang sering tidak digolongkan ke dalam famili rumput seperti bambu, jagung, spesies rumput liar (alang-alang/”crab grass”) (Wikipedia, 2008b). Rumput memiliki daun yang panjang, sempit, beruas-ruas, dengan bunga berbentuk “spikelet” dan berbuah berbentuk biji (“seed”) seperti gandum, rye, barley (jewawut) dll. Sistematika tanaman rumput menurut Reksohadiprodjo (1985) adalah sebagai berikut Phylum : Spermatophyta; Subphylum : Angiospermae; Classis : Monocotyledoneae; Ordo : Glumiflora; Familia : Graminae; Subfamilia : Panicoideae; Tribus : Clavideae, Andropogoneae,Eragrosceae,Paniceae.

Menurut Kew Index of World Grass Species dalam wikipedia.org (2008b), tanaman yang tergolong famili rumput bermacam-macam jenisnya sekitar 600 genera dan antara 9000-10000 spesies rumput. Komunitas rumput banyak didominasi poaceae atau yang disebut sebagai “grassland” (padang rumput) yang meliputi sekitar 20% vegetasi di permukaan bumi.
Keberhasilan rumput sebagian berada pada morfologi, proses pertumbuhan dan bagian dalam keragaman fisiologinya. Rumput dibagi ke dalam dua kelompok fisiologis yaitu menggunakan jalur fotosintesis C3 dan C4 dalam fiksasi karbon. Rumput C4 memiliki jalur fotosintesis yang berhubungan khusus pada anatomi kranz leaf yang terutama sekali untuk beradaptasi terhadap iklim panas dan atmosfer yang kadungan CO2-nya rendah. Pada rumput C3 disebut " cool season grasses" dan rumput C4 disebut " warm season grasses". Cool and warm season grasses dapat tumbuh tahunan (“annual”) atau “perennial”. Contoh Annual Cool Season yaitu gandum, “rye”, “Annual Bluegrass”, dan “oats”; Perennial Cool Season yaitu “orchardgrass”, “fescue”, “Kentucky Bluegrass” dan “perennial ryegrass”; Annual Warm Season seperti jagung, “sudangrass”, dan “pearlmillet”; serta Perennial Warm Season seperti “bermudagrass”, dan “switchgrass”.

Rumput sebagai pakan ternak dibagi menjadi dua yaitu 1) rumput potongan dan 2) rumput gembala. Ciri-ciri rumput potong yaitu : produksi/satuan luas tinggi, tumbuh tinggi, vertikal, banyak anakan dan responsif terhadap pupuk. Contoh rumput potongan antara lain: Pennisetum purpureum, P. purpupoides, Panicum maximum, Setaria sphacelata, Euclaena mexicana. Sedangkan Ciri-ciri rumput potong yaitu : tumbuh mendatar/vertikal rendah, tahan renggut dan injakan, tumbuh dengan cepat dan tahan kekeringan. Contoh rumput gembala antara lain : Brachiaria brizantha, B. ruziziensis, B. mutica, Paspalum dilatatum, Digitaria decumbens, Cloris gayana, Cynodon plectostachyus dll. Rumput merupakan sumber serat kasar utama bagi ternak ruminansia yang berfungsi untuk menstimulasi saluran pencernaan dan bersifat mengenyangkan. Oleh karena itu, rumput yang digunakan sebagai pakan ternak sebaiknya: 1) mempunyai palatabilitas yang baik; 2) dipanen pada umur yang relatif tidak terlalu tua (saat sebelum berbunga) agar nilai gizinya tinggi; 3) berwarna hijau; 4) daun halus, merunduk, melengkung dan mudah rebah; 5) batang lebih gemuk, mengkilap dan jika ditekan mengeluarkan cairan; 6) ditanam pada tanah yang subur.

Rumput potong biasanya dipanen dengan cara membabat seluruh pohonnya lalu diberikan langsung (“cut and carry”) sebagai pakan hijauan untuk kerbau dan sapi, atau dapat juga dijadikan persediaan pakan melalui proses pengawetan pakan hijauan dengan cara silage dan hay. Berbeda dengan rumput potong, rumput gembala, disengut langsung oleh ternak pada saat digembalakan. Pemeliharaan rumput gembala dilakukan dengan cara mengatur waktu “grazing” ternak agar tidak terjadi “overgrazing” dan memberikan waktu rumput untuk tumbuh kembali (Parakkasi, 1999).

Daftar Pustaka

Parakkasi, A. 1999. Ilmu Makanan Ternak Ruminansia. Cetakan pertama. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Reksohadiprodjo,S. 1985. Produksi Tanaman Hijauan Makanan Ternak Tropik. BPFE. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Wikipedia. 2008. Poaceae. Wikimedia Foundation, Inc., U.S. (www.en.wikipedia.org). Accessed : Sunday, November 9th, 2008.

No comments:

Post a Comment